Mudah nya Berjualan via Online Shop

9:18 AM

Selamat malam sobat setia pengunjung blog ini. Awal - awal masuk kuliah semangat masih tinggi - tingginya. Karena kenapa ? Karena tugas belum menumpuk, jadi masih banyak waktu senggang. Tapi berbeda dengan kampus saya, Universitas Amikom Yogyakarta. Sebab, diawal semester 2 ini, saya mendapatkan tugas dari mata kuliah Lingkungan Bisnis. Mungkin bagi sebagian mahasiswa ini merupakan hal yang membosankan, sebab habis liburan panjang pasti masih pada malas - malasnya alias MAGER.

Tapi entah kenapa tugas ini membuat saya sangat bersemangat, karena tugas ini berhubungan dengan blogging. Sedangkan hobi saya adalah ngeblog. Jadi sembari mengerjakan tugas, saya bisa sekalian mengupdate artikel yang ada di blog saya. Sebenarnya tugas yang diberikan cukup simple menurut saya, sebab tugasnya adalah membuat artikel tentang lingkungan bisnis atau berkaitan dengan karya ilmiah. Jadi tidak sulit kalau kita ada niat untuk mengerjakannya.

Kali ini saya akan berbagi sebuah artikel yang bermanfaat bagi sobat semua yang ingin memulai bisnis di bidang online shop. Ya disini saya akan jelaskan sedikit bagaimana awal memulai bisnis online shop, mulai dari membuat akun hingga mengelola toko online yang kita miliki. Tapi sebelum saya jelaskan, ada baiknya saya cerita sedikit tentang apa itu jual - beli.

Di jaman yang sudah mengalami perkembangan kemajuan teknologi yang cukup pesat, kita sebagai manusia tanpa sadar maupun tidak sudah di mudahkan dalam melakukan sebuah hal. Salah satu contohnya adalah jual beli online.

Dulu, ketika orang ingin melakukan transaksi jual beli, maka pembeli dan penjual harus bertatap muka di suatu tempat semisalnya pasar. Dimana saat kegiatan itu berlangsung, akan terjadi tawar menawar sampai terjadinya kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Namun di masa sekarang, kegiatan jual beli sudah bisa di lakukan oleh manusia tanpa harus bertatap muka langsung. Hampir semua orang pada jaman sekarang sudah memiliki PC, Laptop maupun Smartphone. Jadi dimana pun anda berada, anda dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli, asalkan anda bisa terkoneksi dengan internet.

Perlu pembaca ketahui, syarat terjadinya transaksi jual beli adalah adanya penjual, adanya pembeli, adanya barang yang di perjual-belikan, serta adanya tempat untuk melakukan transaksi jual beli. Tapi perlu pembaca ketahui itu adalah syarat transaksi jual beli beberapa tahun silam.
Sekarang, kita tidak membutuhkan lagi sebuah tempat untuk melakukan transaksi. Karena tempat transaksi sekarang ini bersifat oposional. Jadi tanpa tempat atau tidak kita masih bisa melakukan transaksi.
Nah, di sini lah peran penting sebuah online shop atau toko online. Sebelum saya jelaskan bagaimana langkah – langkah berjualan online. Akan saya jelaskan dulu tentang pengertian online shop. Online shop adalah sebuah situs / website dimana di dalam situs tersbut di pamerkannya barang – barang yang ingin di jual. Situs tersebut bisa berupa situs pribadi atau situs penyedia jasa jual beli.

Disini ada perbedaan antara situs pribadi dengan situs penyedia jasa online shop. Kalau situs pribadi, kita bisa mengelola secara penuh list barang yang akan kita jual tanpa harus takut postingan akan tenggelam tergeser dengan postingan lain. Sedangkan kalau kita menggunakan situs penyedia jasa online shop, kita harus harus mengupdate postingan kita secara berkala agar tidak tenggelam tergeser oleh penjual lain yang sama – sama menggunakan jasa online shop seperti kita. Selain itu kita juga harus punya trik marketing agar online shop kita tidak sepi pembeli. Itulah salah satu keunggulan kalau kita menggunakan situs penyedia jas online shop. Jadi kita cukup menyediakan foto dari barang yang akan kita jual, selanjutnya memberikan deskripsi dan harga pada postingan selanjutnya kita tinggal memantau postingan barang jualan kita tanpa harus pusing memikirkan settingan website dan yang lainnya.

Berikut ini akan saya ulas bagaimana cara berjualan menggunakan situs penyedia jasa online shop. Sekarang banyak varian online shop yang bisa kita pakai. Contohnya seperti Tokopedia, OLX, Bukalapak, Lazada, Elevenia, dan sebagainya. Disini akan saya ulas bagaimana memulai berjualan di online shop Tokopedia. Karena menurut saya Tokopedia sudah cukup familiar buat para membaca semua. Oke, berikut langkah – langkah membuat akun di Tokopedia.
  1. Pertama, pastikan sobat punya email. Email ini sebagai syarat agar kita bisa membuat akun di Tokopedia
  2. Kunjungi website Tokopedia, di www.tokopedia.com. Kemudian pilih Daftar.

  3. Selanjutnya isikan nama, momor HP, email, kata sandi, dan sebagainya.
  4. Kemudian aktivasi akun sobat dengan melakukan verifikasi sobat email yang telah sobat cantumkan.
  5. Lalu anda akan dibawa ke menu utama dari Tokopedia. Disini anda hanya bisa menjadi pembeli saja. Tapi tenang, sobat masih tetap bisa untuk menjadi penjual, yaitu dengan membuka toko baru.
  6. Klik tombol Toko Baru. Lalu sobat akan di bawa ke menu dimana sobat di haruskan mengisikan nama toko, slogan, diskripsi, alamat, hingga jasa ekspedisi apa yang akan sobat gunakan nantinya. Berikutnya kalau sudah terisi semua, tinggal klik buka toko.


  7. Disini sobat sudah bisa memposting barang yang akan sobat jual. Sobat bisa mengisikan nama barang, kategori barang, dsikripsi, berat, harga kondisi barang entah itu baru atau bekas dan terkahir sobat bisa membuatkannya etalase untuk mempermudah dalam mengelompokkan barang. Selain itu sobat bisa juga menambahkan video untuk lebih memperkenalkan produk yang ingin sobat pasarkan.
  8. Sobat bisa memposting item yang akan di jual sebanyak mungkin tanpa di batasi oleh Tokopedia.
Nah diatas adalah langkah membuat akun, membuat toko, dan memposting barang jualan.
 
Mungkin bagi sobat yang baru membuka toko di Tokopedia akan mengalami kendala, yaitu kesusahan dalam hal promosi maupun mendapatkan keprcayaan pelanggan. Tapi tenang saja, karena Tokopedia menyediakan fitur unik yaitu Upgrade Gold Merchant. Upgrade Gold Merchant sendiri diperuntukkan bagi para penjual yang ingin mengupgrade status toko nya agar lebih diminati para pembeli sekaligus menciptakan rasa kepercayaan pada pembeli.

Tak hanya itu, fitur Upgrade Gold Merchant juga memiliki bebrapa fitur, yaitu membuat tampilan toko menjadi lebih menarik karena ada logo Gold Budge di samping nama toko dan sobat bisa mengganti cover toko sehingga menarik pembeli. Juga membuat penjual lebih efektif dalam mengelola tokonya. Di dalam fitur Upgrade Gold Merchant juga ada fitur lain yang tak kalah menarik yaitu Top Ads. Fungsinya yaitu untuk mempromosikan iklan juga bisa digunakan untuk mempromosikan toko sobat.

 Selain beberapa keunggulan diatas, sobat bisa menggunakan fitur statistik. Fitur ini berguna memantau statistik toko sobat, selain itu bisa melihat daftar transaksi yang pernah ada.

Sekarang akan saya jelaskan tips dalam berjualan online. Beberapa tipsnya antara lain :
  1.  Ketika sobat mendapatkan pesanan, pastikan segera memproses pesanan pembeli dan segera mengirimkan barang ke jasa ekspedisi yang telah ditunjuk oleh pembeli. Pembeli akan merasa senang jika mendapatkan fast respon dari penjual.
  2. Saat sobat melakukan packing barang, pastikan packing yang rapi sebelum barang dikirim. Pembeli akan senang jika saat menerima paket, barangnya terpacking rapi. Membuat pembeli merasa aman dengan barang pesanannya.
  3. Setiap ada keluhan atau complain dari pembeli selalu berikan respon yang positif. Tanggapi dengan komentar yang sifatnya memberikan ketenangan dan kenyamanan buat pembeli.
  4. Berikan promo jika diperlukan agar pembeli lebih berminat untuk membeli produk dari lapak sobat.
  5. Lakukan update harga secara berkala agar tidak ada kesalahan saat pembeli sudah melakukan transaksi.
  6. Ketika barang jualan sobat habis atau stock lagi kosong, segera update stock dari tersedia menjadi kosong. Agar nanti tidak ada kesalahpahaman.
  7. Perhatian saingan sobat. Ini sangat dibutuhkan, karena dari sini sobat bisa tau apa saja yang unggul dari pesaing sobat, apa saja yang perlu sobat perbaiki, dan apa langkah yang akan sobat ambil dalam menghadapi persaingan dalam dunia jual beli online.
Referensi :
https://www.tokopedia.com/
Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
Jangan lupa untuk sering - sering berkunjung di blog saya. 

You Might Also Like

0 comments

Ithinks.com

Flickr Images