Bisnis Jual Beli dan Investasi Dollar yang menggiurkan

6:10 AM

Jual beli dollar merupakan salah satu bisnis yang saat ini mulai populer tak hanya di kalangan pelaku bisnis namun juga orang - orang biasa. Apalagi dengan memanfaatkan ketidakstabilan nilai tukar rupiah terhadap dollar, maka banyak orang mulai menukarkan rupiah ke dollar ketika nilai rupiah melemah, dan akan di tukar kembali ketika mata uang dollar melemah. Contoh sederhananya pada saat kita membeli dollar harga 10 ribu rupiah per dollar nya, beberapa tahun kemudian kita bisa mendapat keuntungan 30 persen jika kita melepasnya pada saat nilai tukar di kisaran 13 ribu rupiahnya. Singkat kata, investasi dollar seperti ini hampir pasti memberikan keuntungan cukup besar, dengan catatan nilai tukar rupiah terhadap dollar melemah. Begitu sebaliknya, ketika nilai dollar melemah kita tukarkan kembali rupiah kita ke dollar.

Tips sbelum anda mulai berinvestasi dan jual beli dollar
Ketika sobat membeli dollar, sobat pasti mengharapakan harga dollar yang lebih rendah kemudian menjualnya dengan harga yang tinggi. Tapi itu tak semudah yang di bayangkan, ada beberapa hal yang musti diperhatikan sebelum sobat memulai berinvestasi dan jual beli dollar agar tidak merugi di kemudian hari.
  • Melakukan Riset Kemungkinan Kurs Dollar
    Sebelum berinvestasi dan jual beli dollar sobat perlu melakukan riset terhadap kemungkinan pergerakan kurs dollar, yaitu dengan membaca berita informasi ekonomi dan bisnis. Disini sobat perlu memahami kebijakan Pemrintah maupun variable yang bisa menentukan nilai tukar rupiah terhadap dollar dan sebaliknya. Selain itu sobat perlu mengikuti perkembangan ekonomi di Indonesia dan Amerika Serikat. Jika perekonomian negara diprediksi lebih suram kedepannya, maka besar kemungkin mata uangnya juga akan melemah.
  • Waspada terhadap rentang waktu investasi
    Sobat perlu memperhatikan rentang waktu investasi dan jual beli dollar, sebab pad aprinsipnya nilai tukar bisa naik bisa turun kapan saja. Semisal sobat membeli dollar untuk kemudian di tukarkandengan rupiah 2 tahun mendatang, maka penting untuk memprediksi pergerakan nilai tukar dollar terhadap rupiah untuk rentang waktu 2 tahun ke depan.
  • Memahami istilah kurs Beli dan Kurs Jual
    Saat masuk money changer atau bank, kita akan menjumpai tulisan kurs beli dan kurs jual. Kurs jual sama artinya dengan nilai tukar yang ditawarkan pihak money changer atau bank untuk dollar yang dijual. Dalam hal ini nilai kurs beli lebih rendah dibandingkan kurs jual. Nilai kurs jual umumnya berbeda antara bank satu dengan yang bank yang lainnya. Untuk itu sebaiknya sobat mencari bank yang menjual dollar dengan harga paling rendah. Meski terbilang berbeda, akan tetapi selisih pada umumnya hanya berkisar antara puluhan IDR saja, yaitu bisa 50, 60atau bahkan cuma 30. Namun pada dasarnya selisih antar bank satu dengan yang lainnya tidak terlalu jauh. Bahkan ketika nilai jual dollar tinggi, harga kurs juga akan ikut naik secara konsisten.
  • Membeli dollar secara reguler
    Sejatinya memborong dollar dalam jumlah besar tidak direkomendasikan. Jadi seperti apa cara membeli dollar yang seharusnya ? Dengan membeli dollar dalam jumlah kecil tapi secara rutin atau biasa disebut averaging. Dengan metode ini, dollar yang soabt beli akan merata, artinya tidak terpatok pada satu harga. Ini adalah cara paling efektif untuk mengantisipasi jatuhnya nilai dollar terhadap rupiah.
Sebenarnya masih banyak lagi aspek - aspek yang perlu di perhatikan dan di pelajari terkait bisnis invsetasi dan jaul beli dollar. Intinya sonbat perlu memahami untung rugi ddari bisnis ini dengan cara memperhatikan situasi ekonomi negara kita. Dalam hal ini ekonomi faktor politik dan keamanan sangat mempengaruhi nilai dollar terhadap rupiah dan sebaliknya.

sumber referensi :
http://carainvestasibisnis.com/tips-jual-beli-dollar-dan-investasi-dollar-bisnis-jangka-panjang/

Sekian dulu yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi sobat sekalian. Terima kasih telah berkunjung di blog saya yang sederhana ini.

You Might Also Like

0 comments

Ithinks.com

Flickr Images