Universitas Amikom Yogyakarta dengan Badan Usahanya

6:19 AM

Univesitas Amikom Yogyakarta merupakan bentuk perubahan dari STMIK yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer yang baru diresmikan kemarin tanggal 20 Januari 2017 yang tertera dalam surat Dirjen Dikti No 99/KPT/I/2017. Universitas Amikom Yogyakarta sendiri sudah berdiri sejak tahun 1992 tepatnya tanggal 29 Desember 1992. Saat masih menjadi STMIK, Amikom memliki 5 Program Studi, yaitu :
  1. Diploma 3 Manajemen Informatika
  2. Diploma 3 Teknik Informatika
  3. Strata 1 Teknik Informatika
  4. Strata 1 Sistem Infomasi
  5. Strata 2 Magister Teknik Informatika
Tapi sekarang semua itu telah berubah, Amikom yang dulu berbeda dengan Amikom yang sekarang. Kini Amikom memiliki 16 Program Studi, sebagian dari Prodi lama dan sebagian lagi dari Prodi baru, antara lain :
  1. Diploma 3 Manajemen Informatika
  2. Diploma 3 Teknik Informatika
  3. Strata 1 Informatika
  4. Strata 1 Sistem Informasi
  5. Strata 1 Teknologi Informasi
  6. Strata 1 Rekayasa dan Teknik Komputer
  7. Strata 1 Arsitektur
  8. Strata 1 Geografi
  9. Strata 1 Prencanaan Wilayah dan Tata Kota
  10. Strata 1 Ekonomi
  11. Strata 1 Akuntansi
  12. Strata 1 Kewirausahaan
  13. Strata 1 Ilmu Komunikasi
  14. Strata 1 Hubungan Internasional
  15. Strata 1 Ilmu Pemerintahan
  16. Strata 2 Magister Teknik Informatika
Sebagai kampus berbasis Entrepreneurship dengan slogannya Economy Creative Park, Amikom memiliki kiat - kiat untuk mencetak para calon wirausahawan muda. Demi memenuhi kebutuhan itu, maka Universitas Amikom Yogyakarta menciptakan beberapa badan usaha yang disebut BUMA (Badan Usaha Milik Amikom). Badan usaha milik Amikom antara lain :
  • TE (Time Excelindo)
    Time Excelindo merupakan sebuah badan usaha milik Amikom yang merupakan kerjasama antara Amikom dengan PT XL Axiata Tbk. Time Excelindo sendiri bergerak di bidang IT selama kurang lebih 10 tahun. Time Excelindo saat ini memiliki 3 spesifikasi product and services yaitu Software Development, Infrastructure dan Internet Service Provider. Time Excelindo menyediakan layanan yang serupa dengan wifi.id atau indihome yaitu ISP (Internet Service Provider).
  • MQ (Manajemen Qalbu) 92.3 FM
    Manajemen Qalbu atau MQ FM juga merupakan badan usaha milik Amikom. Dari nama sendiri sudah bisa kita lihat, ya MQ FM bergerak di bidang penyiaran radio. Di tengah - tengah rutinitas yang menyibukkan. MQ FM hadir menemani para pendengar dengan nuansa berbeda yaitu dengan nuansa islami yang memberikan ketenangan, kesejukan hati bagi para pendengarnya, serta memberikan pencerahan yang sangat bermanfaat khususnya masyarakat kota Yogyakarta dan sekitarnya. Ada beberapa acara yang rutin disiarkan oleh MQ FM antara lain, MQ pagi, Kamis MQ, MQ Minggu, pesan pagi, Rumahku Surgaku, Senandung MQ, Double Talk Show OASE, Q On Air, The Family, Pemuda Curhat, Akhir pekan dikota Gudeg, dll). Dengan dukungan teknologi tinggi dan kualitas sumber daya manusia, membuat radio MQ FM sebagai salah satu media garis depan dan mitra media elektronik dalam pengembangan nilai Syari'ah.
  • RBTV (Reksa Birama TV)

    Reksa Birama TV atau kebanyakan orang menyebutnya RBTV merupakan stasiun televisi lokal yang mengudara di kota Yogyakarta. RBTV berdiri atas kerjasama antara Amikom dengan PT Redjo Buntung Yogyakarta (RBFM). Selain itu, RBTV juga berada dibawah naungan Kompas TV sejak tanggal 1 Maret 2012. Dimana yang semulai waktu siarannya 10.00 - 24.00 WIB berubah menjadi 01.00 - 04.00 WIB menyesuaikan dengan siaran Kompas TV. RBTV juga mempunyai stasiun relay yang bertempat di komplek pemancar televisi di wilayah Dusun Ngoro-Oro, Patuk. Untuk jangkauannya sendiri, RBTV mampu menjangkau wilayah Yogyakarta, Solo, hingga Magelang, Jawa Tengah dengan frekuensi 40 UHF dan kekuatan pemancar sebesar 30 KW. Untuk memanjakan para pemirsa, RBTV juga memiliki beberapa program lokal unggulan yang antara lain :
    a. Morning Beat
    b. Embun Hati
    c. Kabar Jogja
    d. Bincang Sore
    e. Warna Warni Yogyakarta
    f. Obrolan Pagi
    g. Musik Box
    h. Inspirasi Dapur
    i. Leyeh-Leyeh
    j. Jogja Bicara
    k. Pelangi Jogja
    l. Resensi Film
  • GIT Solution
    Badan usaha ini merupakan yang cukup menarik bagi saya pribadi. GIT Solution merupakan salah satu badan usaha kepunyaan Amikom yang bergerak di bidang IT selain Time Excelindo. Walau sama - sama bergerak di bidang IT, namun antara Time Excelindo dengan GIT Solution memiliki perbedaan yaitu dalam produk dan pelayanan jasa yang ditawarkan. GIT Solution sendiri bergerak di bidang perencanaan, pembangunan dan pengembangan sistem informasi nasional dan internasional.
    GIT Solution didirkan pada tahun 2003 yang masih tahap awal yang kemudian pada tahun 2009 GIT Solution membangun sebuah mesin website yang dapat menggunakan massa untuk web pro le dan Usaha Kecil Menengah, E-Commerce, E-School, E-Campus dan E-Tourism. Pada tahun 2011, GIT Solution mulai meluncurkan beberapa produk untuk usaha kecil menengah dan pada tahun 2013 mulai membuka layanan berdasarkan pengembangan game interaktif. Sampai sekarang GIT Solution terus melakukan pengembangan produk - produk yang kreatif dan inovatif, antara lain :
    a. Pembuatan Blueprint IT
    b. Audit terhadap implementasi IT
    c. Analisis dan Desain Sistem Informasi
    d. Perancangan dan Pembuatan Website
    e. Training dan Sertifikasi bidang IT
    f. Desain Grafis dan Multimedia
    g. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Mobile (Android, IOS, Window Phone)
    h. Pembuatan Games sebagai media promosi/informasi
  • MSV Pictures (Mataram Surya Visi)
    Mataram Surya Visi atau yang lebih di kenal dengan MSV Pictures merupakan sebuah badan usaha milik Amikom juga. MSC Pictures ini bergerak di bidang perfilman yaitu animasi. MSV Pictures mempunyai 2 kategori dalam pembuatan film animasi yanitu Animasi 2D dan 3D. Mungkin para pembaca pernah mendengar mengenai film "Battle of Surabaya". Ya, film tersebut merupakan salah satu karya dari MSV Pictures. MSV bermarkas di Universitas Amikom Yogyakarta tepatnya di Gedung II lantai 2 untuk pembuatan animasi 3D dan di Gedung VI lantai 3 untuk pembuatan animasi 2D. Di masing - masing tempat juga di bagi menjadi 2 bagian ruangan, yaitu ruang Concept Art dan Animation. Sampai saat ini MSV Pictures sudah menghasilkan beberapa film, antara lain :
    Battle of Surabaya
    Ajisaka : The King and The Flower of Life
    Akira's : Flying Wheelchair
    Di atas adalah beberapa karya dari MSV Pictures, yang sudah rilis maupun masih dalah tahap pengerjaan sampai sekarang.
 Sebenarnya masih ada beberapa lagi badan usaha milik amikom antara lain Amikom.Net, Sisco Networking Academy, TE-CS Computer Shop, dan AMIKOM Training Center. Tapi sepertinya cukup itu dulu yang saya jelaskan mengenai badan usaha yang di miliki Universitas Amikom Yogyakarta.
Referensi :
http://amikom.ac.id/
http://www.rbtvyogyakarta.com/
http://www.te.net.id/v2/
https://www.wikipedia.org/
http://gitsolution.co.id/
www.msvpictures.com/ 

Sekian dulu yang saya bagikan kepada sobat sekalian semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian. Terima kasih telah berkunjung di blog saya yang sederhana ini. Akhir kata sampai bertemu di postingan selanjutnya. 
Dirjen Dikti No 99/KPT/I/2017
Dirjen Dikti No 99/KPT/I/2017
Dirjen Dikti No 99/KPT/I/2017
Dirjen Dikti No 99/KPT/I/2017
Dirjen Dikti No 99/KPT/I/2017
Dirjen Dikti No 99/KPT/I/2017

You Might Also Like

2 comments

Ithinks.com

Flickr Images