Apa yang Baru di iOS 11 ?

8:12 AM

Hey sobat setia ithinks.com, jumpa lagi dengan saya blogger sederhana yang ingin sukes. Kali ini saya mau berbagi news yang masih hangat - hangat nya. Pastinya tentang techno ya. Ya, kali ini saya mau berbagi tentang berita dari update-an terbaru sistem operasi iOS 11.
Mobile Operating System terbaru Apple, iOS 11 resmi diumumkan Apple di ajang Worldwide Developer Congress (WWDC) 2017 Selasa (6/6/2016) dini hari. CEO Apple, Tim Cook yang memperkenalkan langsung di panggung acara.
iOS 11 mengusung banyak perubahan dalam teknologi inti sistem operasi yang menjalankan jutaan iPhone dan iPad itu. iOS 11 juga memiliki tambahan di fitur user interface dan user experience.
Berikut adalah garis besar fitur-fitur baru di iOS 11 sebagaimana dilansir ithinks.com dari KompasTekno dan Mac Rumors.

New Lock Screen
Pada lock screen mempunyai tampilan baru dengan passcode yang memiliki font yang lebih tebal, lingkaran yang lebih tipis dan tidak memiliki outline putih.
Keyboard satu tangan
Di iPhone, ada options baru untuk pengoperasian keyboard dengan satu tangan dimna Keyboard bisa ditampilkan pada sisi kanan atau kiri.
Type to Siri
Ada sebuah fitur yang dapat mengaktifkan Type to Siri. Dengan options ini, pengguna bisa mengakses Siri dengan menekan tombol Home, dan mengetik sesuatu yang akan ditanyakan ke Siri lewat keyboard yang tampil.
Keyboard iPad Baru
Simbol dan angka di keyboard iPad yang bisa diakses lewat tombol Shift, kini muncul di tombol yang bersangkutan. Simbol dan angka alternatif yang ditampilkan itu bisa diakses dengan menarik ke bawah tombol dan melepaskannya.
Control center yang bisa diganti - ganti
Control Center di iOS 11 dirombak dan kini dapat diubah-ubah sesuai keinginan user. Mereka bisa memilih apa yang ingin ditampilkan di Control Center via Settings. Ada banyak pilihan, seperti Low Power Mode, Notes, Text Size, Wallet, Screen Recording, dan sebagainya. Walau demikian, layout Control Center tidak bisa diubah.
Hapus aplikasi tidak berguna
Di menu Settings iOS 11, terdapat opsi untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan secara otomatis. Dokumen dan data aplikasi yang telah dihapus itu tetap disimpan jika sewaktu-waktu user ingin memasang kembali apikasi tersebut.
Teks lebih tebal
Di semua tampilan iOS 11, teks label ditampilkan lebih tegas dan tebal, seperti teks untuk Phone, Contacts, dan FaceTime.
Siri dan Setting Search yang disatukan
Di menu Settings iOS 11, kini terdapat tab khusus untuk Siri dan Search, dengan layout yang lebih logis. Terdapat pula opsi untuk memilih saran yang diberikan Siri untuk masing-masing aplikasi yang telah diunduh pada perangkat.
Manajemen penyimpanan lebih baik
Tab "Storage and iCloud Usage" di iOS 11 kini hanya dilabeli " iPhone Storage" dan menampilkan informasi kapasitas penyimpanan yang masih tersedia di perangkat, serta rekomendasi untuk meningkatkan kapasitas, seperti auto-delete percakapan lama, menghapus attachment Messages yang besar, serta menyimpan Messages di iCloud. Terdapat pula fitur yang mensinkronisasikan Messages di semua perangkat.
Drag and drop
Drag and Drop (seret dan masukkan) menjadi fitur baru di iPad, namun fitur ini juga tersedia di iPhone untuk memindahkan file dengan mudah. Fitur ini terbatas digunakan dalam aplikasi di iPhone dan bukan di smeua sistem layaknya di iPad.
Password autofill
Password autofill kini hadir untuk aplikasi pihak ketiga.
Auto pausing saat update
Sinkronisasi foto dan lainnya ketika update kini dapat dihentikan sementara di iOS 11 saat baterai kritis.
Automatic Setup
Saat men-setting perangkat iOS baru, kini terdapat pilihan untuk menyalin semua setting, preferences, dan iCloud Keychain seperti perangkat sebelumnya.
Screen recording
Terdapat opsi Control Center yang dapat merekam kegiatan yang sedang berjalan di layar iPhone atau iPad secara otomatis.
Smart Invert
Di bagian Accessibility dalam aplikasi Settings, terdapat pilihan untuk mengubah warna tampilan, terkecuali untuk foto, media, dan beberapa aplikasi. Pilihan ini seperti "Dark Mode"  namun tidak sampai merusak elemen user interface.
Itulah sederet fitur-fitur baru di dalam iOS 11. Piranti yang kompatible dengan iOS 11 adalah gadget - gadget Apple yang menjalankan chip A7 terbaru, termasuk di antaranya adalah iPhone 5S, SE, 6 Plus, 6, 6s Plus, 6s, 7 Plus, dan 7, iPad generasi kelima, iPad Air, iPad Air 2, semua model iPad Pro, dan iPad mini 2 dan yang lebih baru.

Berikut cuplikan video untuk iOS 11 :
 

Sekian artikel dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua. Jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Source :
  • http://tekno.kompas.com/read/2017/06/06/08165157/ios.11.resmi.diluncurkan.sederet.fitur.baru.datang
  • https://www.macrumors.com/roundup/ios-11/

You Might Also Like

0 comments

Ithinks.com

Flickr Images