Dasar Algoritma dan Pemrograman - Bagian 1

7:23 AM

So what's up sobat ithinks.com. Jumpa lagi dengan saya admin keren dari Indonesia Bagian Barat. Kali ini saya mau sharing - sharing ilmu tentang dunia pemrograman. Ya, disini saya akan berbagi tentang dasar - dasar dari algoritma dan pemrograman. Sebuah ilmu pasti memiliki dasar yang berada pada tingkatan yang sederhana.
Saat belajar algoritma dan pemrograman, nanti anda akan familiar dengan istilah Coding. Coding merupakan suatu proses dimana seorang Programmer membuat dan merangkai sebuah kode program. Tapi sebelum kita mengarah kesana, sobat harus pahami dulu dasar - dasar dari algoritma dan pemrograman.
Ketika ingin belajar algoritma dan pemrograman, pertama yang harus anda pelajari adalah bahasa pemrograman yang akan digunakan. Bahasa pemrograman yang biasa digunakan ketika akan belajar algoritma dan pemrograman adalah bahasa C dan C++.
Jadi pada pembelajaran yang pertama ini, kita belajar tentang bahasa C. Apa dari sobat ada yang sudah mengenal bahasa C ? Jika sobat pernah atau sedang belajar di jenjang SMK jurusan TKJ atau sejenisnya, ataupun sobat kuliah dan mengambil Prodi Informatika, pasti sobat sudah familiar dengan salah satu bahasa pemrograman ini. Ya, bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang di ciptakan pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk sistem operasi Linux. Fungsi diciptakan bahasa C ialah untuk memprogram sistem, jaringan komputer dan mengembangkan software aplikasi. Oke, kita lanjut saja untuk mulai belajar bahasa C.
Dalam belajar bahasa C, anda harus paham komposisi dari bahasa C ini. Dalam sebuah bahasa pemrograman, pasti ada 3 unsur utama, yaitu kepala program atau header, kemudian badan program atau main, dan terkahir kaki atau penutup program yang biasa di sebut footer.
Nah, pertama - tama sebelum menulis sebuah kode program, sobat harus mengetahui program seperti apa yang akan kita buat,  Ini sangat penting karena akan menentukan header yang akan kita gunakan nantinya. Heemm... bicara soal header, mungkin sobat sudah ada yang paham tentang arti sebuah header ? Header atau biasa di kenal dengan sebutan file header adalah pernyataan pendeklarasian utama dari sebuah program C / C++ yang berfungsi untuk memanggil dan menjalankan fungsi-fungsi yang terdapat dalam library file header C / C++ agar kita bisa menggunakan fungsi-fungsi pada file tersebut.
Pada file header terdapat beberapa header yang memiliki fungsi - fungsi yang berbeda. Antara bahasa C dan C++ masing - masing memiliki header yang berbeda. Berikut beberapa header beserta fungsinya.

  1. stdio.h
    Digunakan untuk menampilkan perintah :
    • printf : printah ini berguna untuk menampilkan karakter.
    • scanf : printah ini berguna untuk menyimpan nilai dari variabel.
    • gets : printah ini berguna untuk membaca spasi.
  2. math.h
    Digunakan untuk menampilkan perintah :
    • sqrt : perintah ini berguna untuk menampilkan fungsi akar.
    • pow : perintah ini berguna untuk menampilkan fungsi pangkat.
    • sin (), cos(), tan() : perintah ini berguna untuk menghitung nilai sinus, cosimus, dan tangens dari suatu sudut.
    • max : perintah ini berguna untuk menghitung nilai terbesar.
    • min : perintah ini berguna untuk menghitung nilai terkeci.
  3. conio.h
    Digunakan untuk menampilkan perintah :
    • getch : perintah ini berguna untuk menahan tampilan.
    • getche: perintah ini berfungsi untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER dan karakter yang dimasukkan ditampilkan di layar.
    • clrscr : printah ini berguna untuk membersihkan layar.
    • putch : perintah ini berguna untuk menampilkan karakter ASCII dari nilai x ke layar monitor tanpa memindahkan letak kursor ke baris berikutnya.
    • clreol : perintah ini digunakan untuk membersihkan layar mulai dari posisi kursor hingga kolom terakhir, posisi kursor tidak berubah.
    • gotoxy : perintah ini berguna untuk memindahkan kursor ke kolom x, baris y.
    • wherex : perintah ini digunakan untuk mengembailkan posisi kolom kursor.
    • wherey : perintah ini digunakn untuk mengembalikan posisi baris kursor.
    • window : perintah ini digunakan untuk mendefinisikan sebuah window berdasarkan koordinat kiri atas dan kanan bawah.
  4. iostream.h
    Digunakan untuk menampilkan perintah :
    • cin : perintah ini merupakan fungsi masukan, yaitu menyimpan data dalam sebauh variabel.
    • cout : perintah ini merupakan perintah keluaran, yaitu digunakan untuk menampilkan data ataupun tulisan.
    • endl : perintah ini berguna untuk pindah baris atau enter.
    • ends : perintah ini merupakan fungsi manipulator yang digunakan untu menambahkan karakter null (Nilai ASCII NOL) ke deretan suatu karakter. Fungsi ini akan berguna untuk mengirim sejumlah karakter ke file pada disk atau modem dan mangakhirinya dengan karakter NULL.
Diatas merupakan contoh dari beberapa file header beserta perintah dan fungsinya. Sebenarnya masih banyak lagi file header, tapi saya hanya mencontohkan beberapa saja. Misalnya seperti windows.h, string.h, dan lain - lain. Oke, cukup sekian dulu artikel kali ini, akan saya lanjutkan di postingan berikutnya yaitu bagian 2.
Jika ada yang salah dari informasi di atas, mohon untuk di benar. Karena disini saya juga masih dalam tahap belajar. Kurang lebihnya mohon maaf, sampai jumpa di artikel berikutnya. Tetap semangat dan terus belajar ya sobat !!

source :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/C_(bahasa_pemrograman)

You Might Also Like

0 comments

Ithinks.com

Flickr Images